Sabtu, 05 September 2015

Pengertian E-Business

Pengertian E-Bussiness



Berbeda dengan istilah sistem informasi yang telah muncul hampir satu abad yang lalu, istilah e-business adalah istilah yang baru muncul beberapa tahun terakhir setelah munculnya era internet. Sama seperti halnya sistem informasi, e-business juga mempunyai definisi yang berbeda-beda pada literatur yang berbeda. Istilah e-business pertama kali dipopulerkan oleh IBM sekitar sepuluh tahun yang lalu. E-business dapat menjadi aset yang strategis dan menjadi keunggulan suatu organisasi jika organisasi tersebut mampu memanfaatkan e-business dengan baik. Sebuah organisasi harus mampu melakukan transformasi proses bisnis yang mereka lakukan agar dapat memanfaatkan e-business dengan baik. Secara umum, sebuah keuntungan yang tinggi akan diperoleh jika e-business yang dimiliki dapat terkait secara langsung dann membentuk komunitas dengan konsumen, rekan kerja, dan suppliers.

E-business adalah penggunaan sistem informasi, teknologi iinformasi, internet dan kolaborasi dengan konsumen, rekan kerja, dan suppliers untuk mendukung proses bisnis utama.Salah satu alasan penting kemunculan istilah e-business meskipun sebenarnya telah ada istilah sistem informsi, tetapi bukan yang paling utama, adalah branding . Istilah baru tersebut akan lebih mempermudah para vendor menjual produk mereka, khususnya IBM, dimana Lou Gerstner, yaitu seorang CEO perusahaan IBM yang menjadi pelopor dalam mempopulerkan istilah e-business . E-business dan sistem informasi sebenarnya mempunyai makna yang saling beririsan. Hal inilah yang sering menimbukan kerancuan dan kesalahan dalam penggunaan istilah-istilah tersebut. Sistem informasi dan e-business mempunyai kesamaan makna yaitu sebagai aplikasi yang mendukung proses bisnis suatu organisasi. Tetapi e-business mempunyai batasan yang lebih spesifiik karena e-business terkait dengan penggunaan jaringan komputer (internet) dan biasanya menghubungkan konsumen, rekan kerja dan supplier.

Contoh E-business


  • Harian Kompas yang juga memiliki e-bisnis Kompas Online. 

Kompas menjalankan proses bisnis utamanya berupa penyediaan berita dan distribusinya, tidak lagi hanya melalui media cetak saja tetapi juga melalui internet. Keutungan yang dapat diberikan Kompas online dapat diakses oleh seluruh penduduk di Indonesia (bahkan dunia), up to date, memangkas biaya kertas, dapat diakses 24 jam, dan lain - lain.

Pengertian E-goverment


E-government adalah pemakaian atau penggunaan teknolgi informasi yang meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan pihak-pihak lain. Atau definisi e-government yang lainnya adalah merupakan kependekan dari “elektronik pemerintah”, dapat dikenal e-gov, pemerintah digital, online pemerintah ataupun pemerintah transformasi.

Contoh E-Goverment


  • Government to Citizen (G2C) adalah suatu teknologi informasi yang mempunyai tujuan untuk memperbaiki hubungan interaksi antara pemerintah dengan masyarakat dan juga untuk mempermudah masyarakat dalam mencari berbagai informasi tentang pemerintahan. Misal contoh seperti : www.jabarprov.go.id, dan lain-lain. Atau informasi menganai pajak online, layanan jaminan sosial, mencari lowongan pekerjaan, dan sebagainya.



  • Government to Business (G2B) adalah suatu tipe hubungan pemerintah dengan bisnis. Karena sangat dibutuhkan relasi yang sangat baik, antara pemerintah dengan kalangan bisnis. Tujuannya demi kemudahan berbisnis masyarakat kalangan pembisnis. Contohnya seperti : www.indotender.com, dan sebagainya. Atau informasi menganai pajak perseroan, peraturan pemerintah (hukum bisnis), pendaftaran perusahaan, peluang usaha atau bisnis, dan sebagainya. 



  • Government to Government (G2G) adalah berupa Web pemerintah yang dibuat, bertujuan untuk memenuhi berbagai macam informasi yang dibutuhkan antara pemerintahan yang satu dengan pemerintahan yang lainnya, dengan tujuan yaitu untuk memperlancar & mempermudah kerjasama antara pemerintahan – pemerintahan yang bersangkutan. Misal contohnya: www.embassyofindonesia.org dan lain sebagainya. Atau informasi menganai blogging untuk kalangan legislative, konsultasi secara online, pelayanan kepada masyarakat secara terpadu, pendidikan secara online, dan sebagainya. 



  • Government to Employees (G2E) adalau berupa tipe hubungan yang ditujukan untuk para pegawai pemerintahan atau pegawai negeri untuk neningkatkan kinerja dan juga untuk kesejahteraan para pegawai yang bekerja dislahsatu institusi pemerintah. Misalkan contohnya: www.sdm.depkeu.go.id dan lain-lain.


ULASAN

E-business :


Dari beberapa sumber yang telah di baca mengenai seputar literasi e-business,Telah menemukan beberapa literatur yang terkait dalam hal ini yaitu Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business yang menyatakan bahwa e-business merupakan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi.Jadi dalam hal ini dapat dikatakan bahwa e-business adalah suatu proses bisnis dalam hal khusus yang biasanya digunakan oleh perusaaan dalam berkomunikasi,kerja sama dan juga membangun suatu informasi secara elektronik yang bertujuan agar suatu proses bisnis yang dikembangkan berjalan dengan baik.
Keterkaitan antara e-bussiness dengan sistem informasi mengacu kepada proses bisnis dalam suatu organisasi,hanya saja dengan adanya jaringan komputer yang digunakan untuk mendukung adanya proses bisnis di dalam e-business sehingga menimbulkan adanya batasan - batasan dalam e-business misal : adanya suatu proses bisnis antar rekan kerja di dalam suatu perusahaan,mereka masing - masing mempunyai keamanan masing - masing dalam membuat pekerjaan dalam berbisnis,atau bisnis jasa pembuatan web antar pembeli dan pembuat jasa di dalam perusahaan atau organisasi.pastinya mempunyai batasan - batasan yang terkait dengan harga,kualitas dan desaign yang sudah di negoisasikan antara pembeli dan pembuat jasa.

E-Goverment :

Sistem Informasi E-goverment sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan teknologi akan informasi antar pemerintah dan pihak yang terkait di dalamnya karena pemerintah sangat membutuhkan adanya teknologi untuk berkomunikasi dengan berbagai pihak seperti masyarakat atau berbagai dari negara lain untuk menjalin suatu bisnis atau interaksi di dalamnya.Dengan adanya E-goverment,pemerintah dapat memperbaiki hubungan antar masyarakat dari sebuah informasi yang ada,mengembangkan suatu bisnis yang lebih baik dan memperoleh kerjasama antar pemerintah dari suatu negara ke negara lainnya.Intinya dengan adanya suatu informasi dengan penggunaan metode E-goverment membuat pemerintah akan mudah dan cepat tangkap menjalani suatu perencanaan - perencanaan yang dilakukan semestinya oleh seorang pemerintah.

Sumber : 

http://www.academia.edu/5500637/Keterkaitan_Sistem_Informasi_dengan_E-Business
http://www.idjoel.com/apa-sih-pengertian-e-government/
http://www.pengertianku.net/2014/12/inilah-pengertian-e-government-dan-contohnya.html
http://www.academia.edu/9067561/e-business_and_e-commerce

11 komentar:

  1. terimaksih telah berbagi ilmu, hanya saja masih kurang lengkap

    BalasHapus
  2. ulasan yang sangat tepat mungkin bisa ditambahkan e-learning , e-commerce dan sebagainya untuk pembelajaran

    BalasHapus
  3. Saya sangan suka karena empat model dari E-Government nya dijelaskan dan diberi contoh aplikasinya, Good Job

    BalasHapus
  4. artikelnya sudah bagus pada masing-masing sub e-gov nya sudah ditambahkan 1 contoh aplikasinya.

    BalasHapus
  5. Cukup panjang artikelnya,tp secara keseluruhan sudah bagus dan lengkap materinya

    BalasHapus
  6. Bagaimana dengan sistem keamanan dari e-business? Apakah bisa terjamin keamanannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk sistem keamanannya lebih berpusat kepada si pembuat sistemnya,dan memang apakah itu terjamin atau tidak dalam keamanan suatu sistem dalam e-business mungkin tergantung dari si pembuat itu sendiri apakah mereka dapat membuat suatu sistem keamanan yang mungkin membuat pengguna itu merasa nyaman atau sebaliknya karena kebanyakan pembuat sistem terkadang bersifat relatif dalam membuat suatu sistem keamanan dalam proses bisnis (e-business) yang mereka buat dan mereka kembangkan..terima kasih :D

      Hapus
  7. artikel yang sangat menarik dan detail dalam menjelaskan contoh-contoh atau istilah-istilah yang masih banyak orang awam kurang mengerti, terima kasih

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Terima kasih infonya, ulasannya sangat membantu saya lebih memahami maknanya.
    Kunjungi blog saya juga ya http://rosyansisteminformasi.blogspot.co.id/

    BalasHapus